Skip to main content

Mahasiswa dan Pemilu Kepada Daerah

Pemilihan umum kepala daerah (pemilu kada) tak lama lagi. Dijadwalkan akhir bulan Juni mendatang pesta rakyat demokrasi tersebut akan diselenggarakan serenatak di Ranah Minang. Lima pasangan calon pun telah tampak di depan mata. Baliho dan spanduk besar-besar mewarnai kota Padang dan daerah tingkat dua lainnya. Berbagai slogan dan visi misi sang calon pun tepampang jelas di mana-mana. Tidak hanya itu, suara dan gambar sang calon juga mewarnai media massa baik cetak maupun elektronik.
Mereka adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur (cagub dan cawagub) Prof. Dr. H. Ediwarman, S.H., berpasangan dengan Drs. Husni Hadi, S.H., Drs. Endang Irzal, MBA., berpasangan dengan H. Asrul Syukur., M.M., Drs. H. Fauzi Bahar, M.Si., berpasangan dengan Drs. Yohanes Dahlan, M.Si., Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi., M.Sc., berpasangan dengan Drs. H. Muslim Kasim, M.Si., dan Prof. Dr. H. Marlis Rahman, M.Sc., berpasangan dengan Drs. H. Arisno Munandar. Pasangan calon ini dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda-beda dan pengalaman memimpin yang berbeda pula.
Jika ingin lebih tahu, mahasiswa bisa mencari tread record atau latar belakang sang calon agar lebih dekat dan mengerti seperti apa calon pemimpin Sumatra Barat mendatang. Mengetahui latar belakang sang calon tak salah dan tak susah pula. Tinggal mengklik internet dan surat kabar elektonik, teman-teman mahasiswa sudah bisa mendapatlan informasi tentang mereka. Dan tinggal bagaimana mahasiswa menyesuaikan dengan pilihannya kelak.
Sebagai mahasiswa yang berdomisili di tempat atau daerah yang tidak lama lagi akan mengadakan pesta demokrasi, pemilu kada Sumbar, dan mahasiswa bukanlah pemilih yang terdaftar secara legal pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) tak usah berkecil hati. Mahasiswa yang berasal dari luar kota Padang dan tak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) setempat, memang disusahkan dengan tak bisa manyalurkan aspirasi politiknya dengan bebas. Hal ini berbeda dengan pemilu presiden, asal punya KTP nasional, calon pemilih sudah bisa memilih dalam bilik suara.
Sedangkan mahasiswa yang terdaftar secara legal pada DPT mereka berhak menggunakan hak suaranya bebas dan tak terpengaruh. Walau begitu bukan berarti mahasiswa seenaknya tanpa mempertimbangkan calon pemimpin yang sesuai dengan keadaan Sumbar sekarang dan ke depannya. Pertimbangan tersebut tetap ada. Mengingat mahasiswa juga merupakan calon pemimpin masa depan, termasuk dalam ranah politik seperti pemilu kada mendatang.
Dalam lingkup mahasiswa pemilu kada merupakan sebuah pelajaran tersendiri bagi mahasiswa. Dengan ikut serta aktif dalam pesta demokrasi ini, setidaknya telah mendapatkan pengetahuan lebih atau semacam frame tentang pemilu kada. Mahasiswa sebagai agen of change, iron stock, dan control social di masyarakat, sudah sepantasnya memberikan pencerahan terhadap masyarakat sebagai pemilih kelaknya. Memberikan informasi yang jelas sudah tentu itu penting dan harus dilakukan. Bukan berarti sebaliknya.
Pandangan mahasiswa tentang pemilu kada memang berbeda-beda. Ada yang ikut serta apakah itu dalam bentuk mengadakan acara debat dan dialog dengan pasangan calon, bedah visi dan misi ataupun lainnya. Ada pula yang tak mau tahu sama sekali, semakin sibuk dengan dunia perkuliahan di kampus. Dua keadaan yang bertolak belakang ini tidak semuanya baik dan buruk. Mahasiswa yang aktif dalam agenda pemilu kada, itu baik. Dan mahasiswa yang sibuk dengan kegiatan perkuliahan di kampus, juga tidak jelek. Kedua kondisi ini muncul karena berbagai faktor.
Mahasiswa yang ikut serta dalam pemilu kada, merupakan salah satu caranya mereka belajar memimpin, mengadakan sebuah acara, dan memberikan pencerahan bagi mahasiswa serta masyarakat setempat. Sedangkan pada pilihan kedua, bisa saja mahasiswa tersebut tidak mau tahu dan masa bodoh dengan perbedaan keadaan di sekitarnya. Tetapi, jika mahasiswa bersikap cuek, bisa jadi ini adalah salah bentuk “perlawanan” terhadap keadaan pemimpin masa sekarang yang lebih banyak mengecewakan daripada mengayomi. Ini salah satu alasannya.
Fenomena pemimpin yang terjerat kasus korupsi, penyelewengan, pemerasan, makelar kasus, dan memanfaatkan kesempatan memancing di air keruh, juga banyak muncul ke ranah publik. Hal ini menyebabkan pandangan miris dari rakyat kepada pemimpin di atas sana semakin besar. Mosi tidak percaya juga berkembang dan menyebar di kalangan mahasiswa.
Pemilu kada ini merupakan salah satu cara memperbaiki citra pemimpin masa depan yang jauh lebih baik. Caranya, ya, mengetahui sepak terjang pasangan calon sewaktu menjabat. Mempelajari visi misi mereka dengan cermat dan tak segan-segan lemparkan kritikan dan masukan kepada sang calon. Setidaknya dengan begitu mahasiswa telah berbuat yang lebih positif daripada tidak sama sekali. Ingat apatis terhadap lingkungan akan merugikan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.

Comments

Popular posts from this blog

Pusparatri, Perempuan Penolak Surga*

Judul : Pusparatri Gairah Tarian Perempuan Kembang Penulis : Nurul Ibad, Ms Penerbit : Pustaka Sastra dan Omah Ilmu Publishing Tebal : x + 220 halaman Cetakan : Pertama, 2011 Genre : Novel Harga : Rp 40.000,- Resensiator : Adek Risma Dedees, Mahasiswa Sastra Indonesia UNP Untuk kesekian kalinya Nurul Ibas, Ms meluncurkan novel bertajuk senada dengan novel-novel sebelumnya, seperti novel Nareswari Karennina yang tergabung di dalam trilogi Kharisma Cinta Nyai, yakni perjuangan seorang perempuan yang ingin keluar dari lembah kemaksiatan dengan lakon lain, Gus Rukh, sebagai juru selamat. Begitu juga dengan novel Puparatri: Gairah Tarian Perempuan Kembang yang baru diluncurkan pertengahan tahun 2011 ini. Di dalam sambutannya, penulis, Nurul Ibad, Ms menyampaikan kepada pembaca, bahwa novel ini mengangkat tema perjuangan perempuan awam untuk memperoleh kehidupan yang layak dan bermartabat, sekalipun mereka harus menjadi perempuan penghibur, bukan istri pertama, ata

Review Encoding/Decoding by Stuart Hall

Stuart Hall mengkritik model komunikasi linear (transmission approach) –pengirim, pesan, penerima- yang dianggap tidak memiliki konsepsi yang jelas tentang ‘momen-momen berbeda sebagai struktur relasi yang kompleks’ serta terlalu fokus pada level perubahan pesan. Padahal dalam proses pengiriman pesan ada banyak kode –pembahasaan- baik yang diproduksi (encode) maupun proses produksi kode kembali (decode) sebagai suatu proses yang saling berhubungan dan itu rumit. Proses komunikasi pada dasarnya juga berkaitan dengan struktur yang dihasilkan dan dimungkinkan melalui artikulasi momen yang berkaitan namun berbeda satu sama lainnya –produksi, sirkulasi, distribusi/konsumsi, reproduksi (produksi-distribusi-reproduksi). Landasan Hall atas pendekatan ini adalah kerangka produksi komoditas yang ditawarkan Marx dalam Grundrisse dan Capital, terminologi Peirce tentang tanda (semiotic), serta konsep Barthes tentang denotatif dan konotatif yang bermuara pada ideologi (denotative-connotative-id

Bisnis Laundry di Tengah Mahasiswa

Menjamurnya usaha jasa cuci pakaian kiloan atau laundry di sekitar kampus mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit serta mampu menyerap tenaga kerja di daerah sekitar. Usaha ini pun semakin diminati oleh berbagai kalangan. Kebanyakan para pemilik hanya mengandalkan modal usaha pribadi. Arif Sepri Novan, pemilik Mega Wash Laundry , mengungkapkan mahasiswa merupakan pangsa pasar terbesarnya saat ini. Mahasiswa memiliki banyak kegiatan dan tugas kuliah yang menyita waktu serta tenaga. Untuk itu peluang membuka usaha laundry di sekitar kampus baginya sangat menjanjikan. “Pasarnya cukup luas dan jelas,” ungkap Arif, Selasa (22/3) siang lalu. Arif pun merintis usaha laundry sejak September 2010 lalu di kawasan kampus Universitas Negeri Padang (UNP), di Jalan Gajah VII No.15, Air Tawar, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Ia mempekerjakan dua karyawan untuk mencuci, mengeringkan, menyetrika, serta mengepak pakaian-pakaian tersebut. Setiap hari Mega Wash Laundry menerima hingg