Skip to main content

22, 1, 12 Pada Diri yang Terbawa Angin Beriak




Ini kali pertama aku menulis tentang diri, merayakan diri, dan akan lebih enak dibaca juga oleh diri, sendiri. Tulisan ini mengenangkan pada hari jadi yang ke 22 tahun, tepat sebulan lalu. Aku menuliskan kemudian setelah pergantian tahun yang dipenuhi seribu cemberut. Tak ada makna lebih pada pergantian tahun 2011 menuju 2012 itu, bagiku. Hari terakhir 2011 pasti berbeda dengan hari lainnya, namun belum ada yang istimewa, yang patut aku rayakan. Jadi aku tertidur dengan sangat pulas pada malam itu. Maafkanlah!

Baru malam ini aku kembali bersemangat bercerita melalui aksara tentang diri yang pernah terlupakan dalam huruf-huruf. Itupun setelah aku mengalami peristiwa yang tidak mengenakkan. Tapi, sudahlah, aku yakin peristiwa itu tidak lepas dari apa-apa yang pernah aku perbuat sebelumnya dalam artian kurang baik. Ya, namakan saja karma kecil-kecilan. Dan tidak sampai di sini saja, aku pun yakin masalahku ini ada solusi terbaik yang akan datang untuk mengobat diri dan jantung ini. Datangnya kapan? Aku belum tahu. Namun, bukan karena aku perempuan sehingga lebih banyak sabar tidak, aku belajar lagi mengendalikan emosi yang setiap kali sedia diledakkan. Aku tak ingin itu terjadi. Bagaimana pun juga, aku pernah belajar mengatasinya, berhasil. Dan tak mungkin kali ini aku kalah.

Usiaku menginjak genap 22 tahun. Apakah pada usia ini aku lebih matang? Dewasa? Bijak? Cantik? Dan tajir? Ah belum tentu. Hidupku ini memiliki banyak kemungkinan yang hingga saat ini masih gelap bagiku. Beberapa pilihan di atas adalah kemungkinan itu. Bisa jadi terwujud, bisa juga belum terwujud pada usia ini. Memang banyak yang mendoakan, entah hanya basa-basi atau memang benar-benar serius, bahwa aku diharapkan begini begono, pokoknya all the best lah. Begitu isi selamat yang aku terima. Terima kasih bagi pengucap yang tentu sangat baik hati dan merupakan kawan serta calon kawan yang luar biasa.

Hari jadi tahun ini sangat biasa sekali. Tidak terdefinisi biasanya. Tak ada bar bur ber. Tak ada jebakan-jebakan aneh, dan seperti biasa tak ada kado materi. Aku mahfum. Keadaan itu telah kubaca sebelumnya dengan sangat baik. Sangat arif, dan memang benar adanya. Aku tentu tak kecewa, karena aku sudah biasa dengan begitu. Ada sesuatu yang aneh, karena aku tak perlu mengajak beberapa rekan makan-makan, hanya sebagai ungkapan syukur semata, seperti di pulau seberang tahun-tahun lalu. Ini menjadi asing bagiku saat itu. Ya sudah, aku juga tak berharap banyak. Siapa yang akan aku ajak makan-makan. Kawan baru hitungan jari dan mereka penuh dengan basa-basi. Aku berinfak saja.

Pada usia ini aku masih saja merasa sebagai bungsu yang tak memililki beban materi apa-apa. Aku masih saja seperti anak amak beberapa tahun lalu. Semua kebutuhanku dipenuhi oleh amak, abang, serta oneku yang sangat perhatian. Aku kadang heran dengan diri ini. Mereka tak pernah meminta apapun dalam bentuk materi kepadaku. Mungkin memang karena aku selalu terlihat kere ya? Sehingga tak ada alasan bagi mereka merequest walaupun hanya dalam bentuk main-main. Malahan amak dan saudara-saudaraku berkirim kabar dan mengkhawatirkan kebutuhanku. “Adek mau dikirimi nggak?” Aku terbahak, sekaligus ada yang tergenang pada ekor mataku. Terbahak bukan untuk mereka yang sangat aku hormati dan sayangi, tapi untukku yang masih dianggap anak kecil dan butuh laporan setiap saat pada mereka. Basah di ekor mataku karena aku tergagu dan syukur sangat dalam bahwa aku tak memiliki siapa-siapa selain Allah dan mereka. Tiba-tiba aku jadi teringat abak di surga. Sedang apa ya beliau di sana? Harapku damai dan penuh kebahagiaan.

Usia ini memberiku banyak pelajaran sekaligus kemunduran. Pelajaran mandiri dan berbagi hati dengan beberapa orang yang mau tak mau harus aku sayangi. Aku berkata begitu, bukan berarti aku munafik dan tak serius. Aku harus menyayangi mereka seperti Allah menyayangiku dan seisi alam ini. Aku belajar bagaimana Mahatma Gandhi menghabiskan masa hidupnya untuk mereka yang terbuang dan terpinggirkan. Aku belajar kenapa Bunda Teresa begitu total mencintai mereka yang kudisan serta tak beruang itu. Begitu pula dengan nabiku Al Amin. Dan saat ini kenapa aku tak bisa belajar bagaimana mencintai orang-orang, yang dalam banyak kaca mata orang, belum waktunya untuk dicintai. Ah terlalu kejam dan vulgar mereka.

Sedangkan kemunduran yang kurasakan, selain kemunduran stok tabungan, aku juga mengalami kemunduran aktivitas dan kuantitas berpikir yang semakin sedikit. Menurut akal sehatku, sedikit banyaknya dikarenakan cara bergaulku dengan teman-teman yang berbeda latar belakang dengan agenda aktivitasku waktu dulu, dunia diskusi dan tulis menulis. Sekali lagi, bukan karena aku perempuan aku harus bersabar. Bersabar tak kenal jenis kelamin dan gender, setiap orang pada waktunya harus menerapkan ini dengan sebaik mungkin. Aku bersabar sembari mengerjakan apa yang bisa kukerjakan dalam waktu dekat. Melihat-lihat apa yang bisa kuambil peluang untuk hidupku lebih berwarna dan tak monoton. Hingga aku dipermainkan oleh waktu.

Memasuki usia genap ini banyak doa yang kulantunkan. Doa-doa yang telah kuterbangkan ke awan sana semoga tidak hanya didengar Allah tetapi juga sedikit demi sedikit dikabulkan sesuai dengan apa-apa yang relevan aku lakukan. Allah, Engkau Yang Maha Tahu, sangat mengenal isi hati dan kepalaku. Engkau Yang Maha Penyayang sangat paham bahwa aku patut diberikan kasih sayang dalam bentuk yang Engkau pahami. Doa-doa ini selalu kutembangkan pagi dan petang. Berharap rida dan kemujuran datang silih berganti. Allah, bukan berarti aku belum mendapatkan rida dan kemujuran hingga aku berkata begitu. Dengan dilahirkan dari rahim amak dan aku pernah serahim dengan abang dan oneku, aku sudah sangat rida dan mujur Allah. Terima kasih. Aku yakin pada 22 ini aku berkah, insya Allah.

Comments

  1. kadang, yang tentang diri pun asyik dibaca di luar diri... :)

    berkawan dengan saya ya, jangan lupa kunjungi dan follow blog saya http://kampungkaryakita.blogspot.com/. Saya sudah memfollow blog ini.. Sukses :)

    ReplyDelete
  2. Hehehe, terima kasih. Tulisan ini, satu-satunya buah tangan di bulan awal tahun ini. Entah kenapa, saya sangat sulit menemukan alat untuk mengetik, hehe. Konyol memang. Tak punya komputer dan tak punya laptop di rantau orang, hehe. Tapi akhirnya tercapai juga walau belum maksimal. Terima kasih.


    Salam kenal ya Mas Kampung Karya, hee

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan berkomentar ^_^

Popular posts from this blog

Pusparatri, Perempuan Penolak Surga*

Judul : Pusparatri Gairah Tarian Perempuan Kembang Penulis : Nurul Ibad, Ms Penerbit : Pustaka Sastra dan Omah Ilmu Publishing Tebal : x + 220 halaman Cetakan : Pertama, 2011 Genre : Novel Harga : Rp 40.000,- Resensiator : Adek Risma Dedees, Mahasiswa Sastra Indonesia UNP Untuk kesekian kalinya Nurul Ibas, Ms meluncurkan novel bertajuk senada dengan novel-novel sebelumnya, seperti novel Nareswari Karennina yang tergabung di dalam trilogi Kharisma Cinta Nyai, yakni perjuangan seorang perempuan yang ingin keluar dari lembah kemaksiatan dengan lakon lain, Gus Rukh, sebagai juru selamat. Begitu juga dengan novel Puparatri: Gairah Tarian Perempuan Kembang yang baru diluncurkan pertengahan tahun 2011 ini. Di dalam sambutannya, penulis, Nurul Ibad, Ms menyampaikan kepada pembaca, bahwa novel ini mengangkat tema perjuangan perempuan awam untuk memperoleh kehidupan yang layak dan bermartabat, sekalipun mereka harus menjadi perempuan penghibur, bukan istri pertama, ata

Review Encoding/Decoding by Stuart Hall

Stuart Hall mengkritik model komunikasi linear (transmission approach) –pengirim, pesan, penerima- yang dianggap tidak memiliki konsepsi yang jelas tentang ‘momen-momen berbeda sebagai struktur relasi yang kompleks’ serta terlalu fokus pada level perubahan pesan. Padahal dalam proses pengiriman pesan ada banyak kode –pembahasaan- baik yang diproduksi (encode) maupun proses produksi kode kembali (decode) sebagai suatu proses yang saling berhubungan dan itu rumit. Proses komunikasi pada dasarnya juga berkaitan dengan struktur yang dihasilkan dan dimungkinkan melalui artikulasi momen yang berkaitan namun berbeda satu sama lainnya –produksi, sirkulasi, distribusi/konsumsi, reproduksi (produksi-distribusi-reproduksi). Landasan Hall atas pendekatan ini adalah kerangka produksi komoditas yang ditawarkan Marx dalam Grundrisse dan Capital, terminologi Peirce tentang tanda (semiotic), serta konsep Barthes tentang denotatif dan konotatif yang bermuara pada ideologi (denotative-connotative-id

Bisnis Laundry di Tengah Mahasiswa

Menjamurnya usaha jasa cuci pakaian kiloan atau laundry di sekitar kampus mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit serta mampu menyerap tenaga kerja di daerah sekitar. Usaha ini pun semakin diminati oleh berbagai kalangan. Kebanyakan para pemilik hanya mengandalkan modal usaha pribadi. Arif Sepri Novan, pemilik Mega Wash Laundry , mengungkapkan mahasiswa merupakan pangsa pasar terbesarnya saat ini. Mahasiswa memiliki banyak kegiatan dan tugas kuliah yang menyita waktu serta tenaga. Untuk itu peluang membuka usaha laundry di sekitar kampus baginya sangat menjanjikan. “Pasarnya cukup luas dan jelas,” ungkap Arif, Selasa (22/3) siang lalu. Arif pun merintis usaha laundry sejak September 2010 lalu di kawasan kampus Universitas Negeri Padang (UNP), di Jalan Gajah VII No.15, Air Tawar, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Ia mempekerjakan dua karyawan untuk mencuci, mengeringkan, menyetrika, serta mengepak pakaian-pakaian tersebut. Setiap hari Mega Wash Laundry menerima hingg