Skip to main content

Fantasi Manusia Yunani di Zaman Prasejarah


Judul : Mitologi Yunani
Pengarang : Edith Hamilton
Penerjemah : A. Rachmatullah
Penerbit : ONCOR Semesta Ilmu
Tebal : xiv + 314 halaman
Cetakan : Pertama, 2011
Harga : Rp 60.000,-



Yunani sebagaimana yang diketahui oleh dunia, merupakan bangsa yang memiliki peradaban besar dan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat dan bangsa lain di muka bumi. Yunani menjelma, dengan segala keagungan dan kekuatannya, menjadi negara dan bangsa yang diperhitungkan hingga saat ini. Negeri itu tumbuh dan menguasai berbagai elemen, terutama dalam ilmu pengetahuan serta kebudayaan dunia dengan tokoh-tokoh termansyur yang hidup jauh sebelum masehi. Kemansyurannya pun masih dikenang dan dipelajari oleh masyarakat masa kini.
Setiap bangsa di dunia pasti memiliki sejarah, cerita-cerita tentang bagaimana bangsa tersebut lahir dan berkembang, begitu juga dengan bangsa Yunani. Yunani sebagai bangsa yang besar, hidup penuh dengan mitologi-mitologi yang diciptakan oleh masyarakatnya sendiri. Mereka hidup dan bersatu dengan mitologi-mitologi tersebut dengan damai dan menyenangkan. Penciptaan tentang mitologi pun erat kaitannya dengan latar belakang sebuah bangsa, apakah buruk ataupun baik.
Bangsa Yunani dahulu kala pernah mengalami kehidupan purba, biadab, dan brutal. Seiring waktu bangsa ini melahirkan mitologi yang berisi cerita yang tidak lagi mengungkap kehidupan yang tidak manusiawi tersebut untuk diceritakan kepada anak cucu, generasi selanjutnya. Mitologi-mitologi yang berkembang di Yunani merupakan suatu bukti bahwa Yunani berhasil mengangkat kehidupan dan peradaban mereka dari lumpur kotor dan kebiadaban.
Tak ingin melebihkan, sebagian kecil mitologi bangsa Yunani tersebut terangkum dalam buku setebal 314 halaman ini. Mitologi Yunani berisi berbagai kisah tentang para dewa serta manusia. Mulai dari dewa pemimpin bangsa Yunani terbesar, Zeus, serta saudaranya, istri, dan anak-anak Zeus yang ikut campur dalam kehidupan bangsa Yunani tempo dulu. Walaupun mitologi Yunani berisi cerita tentang para dewa bangsa tersebut bukan berarti mitologi-mitologi ini merupakan Bible, sebuah catatan keagamaan bangsa Yunani. Hal ini dikarenakan mitos tak berhubungan dengan agama. Mitos hanyalah penjelasan terhadap fenomena alam, hiburan, dan sebuah bukti pencaharian manusia terhadap apa-apa yang belum diketahui dengan baik sebelumnya.
Walaupun demikian, fantasi masyarakat Yunani ini mampu menyulap pemikiran banyak orang di dunia untuk percaya dan menjadi cerita-cerita yang perlu diceritakan kepada anak-anak muda sebagai generasi selanjutnya. Mitologi ini memiliki daya tarik dan kekuatan tersendiri bagi pembaca atau pendengar. Tak ketinggalan dalam mitologi Yunani penikmat atau pembaca juga dapat memetik manfaat dari apa yang disuguhkan. Begitu juga dengan buku bersampul ‘The Wooden Horse’ yang penuh dengan warna putih dan abu-abu sebagai latar belakangnya. Cukup memikat calon pembaca untuk menilik-nilik cerita apa yang tertera di dalam buku ini.
Buku terjemahan ini selain menyajikan kisah para dewa-dewi di Yunani pada zaman dahulu kala juga menceritakan berbagai pengalaman anak manusia yang kehidupan mereka langsung bersentuhan dengan para dewa. Menggunakan bahasa sederhana dan mudah dimengerti, pembaca akan digiring dari satu petualangan ke petualangan berikutnya yang kadang tentu tak masuk akal bagi masyarakat modern saat ini. Namun, tetap sarat muatan pengetahuan tentang Yunani yang penuh mistik dan daya tarik tersendiri. Selamat membaca!

Comments

  1. Maaf sekedar meluruskan tulisan di atas, akar mitologi telah lahir dari kehidupan Yunani awal (yang dalam tulisan di atas disebut purba dan tidak manusiawi) dan berkembang hingga masa Yunani klasik. Cerita di dalam Mitologi juga menceritakan masa-masa Yunani awal yang penuh kekejaman. Dan, bagi orang-orang Yunani Kuno, mitologi tidak sekedar cerita fantasi, tapi juga agama. Terimakasih sudah me-review buku tentang Mitologi Yunani dan apresiasinya, salam ^^ http://achilles79.multiply.com/journal
    note: kucingnya lucu

    ReplyDelete
  2. Oh terima kasih atas reviewnya kembali. Sumber tulisan ini dari buku dan beberapa catatan kecil di majalah. Maaf juga jika kurang akurat :)

    Salam kenal dari saya.

    Makasih, karena lucu, saya susah lepas dengan hewan rumahan itu.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan berkomentar ^_^

Popular posts from this blog

Pusparatri, Perempuan Penolak Surga*

Judul : Pusparatri Gairah Tarian Perempuan Kembang Penulis : Nurul Ibad, Ms Penerbit : Pustaka Sastra dan Omah Ilmu Publishing Tebal : x + 220 halaman Cetakan : Pertama, 2011 Genre : Novel Harga : Rp 40.000,- Resensiator : Adek Risma Dedees, Mahasiswa Sastra Indonesia UNP Untuk kesekian kalinya Nurul Ibas, Ms meluncurkan novel bertajuk senada dengan novel-novel sebelumnya, seperti novel Nareswari Karennina yang tergabung di dalam trilogi Kharisma Cinta Nyai, yakni perjuangan seorang perempuan yang ingin keluar dari lembah kemaksiatan dengan lakon lain, Gus Rukh, sebagai juru selamat. Begitu juga dengan novel Puparatri: Gairah Tarian Perempuan Kembang yang baru diluncurkan pertengahan tahun 2011 ini. Di dalam sambutannya, penulis, Nurul Ibad, Ms menyampaikan kepada pembaca, bahwa novel ini mengangkat tema perjuangan perempuan awam untuk memperoleh kehidupan yang layak dan bermartabat, sekalipun mereka harus menjadi perempuan penghibur, bukan istri pertama, ata

Review Encoding/Decoding by Stuart Hall

Stuart Hall mengkritik model komunikasi linear (transmission approach) –pengirim, pesan, penerima- yang dianggap tidak memiliki konsepsi yang jelas tentang ‘momen-momen berbeda sebagai struktur relasi yang kompleks’ serta terlalu fokus pada level perubahan pesan. Padahal dalam proses pengiriman pesan ada banyak kode –pembahasaan- baik yang diproduksi (encode) maupun proses produksi kode kembali (decode) sebagai suatu proses yang saling berhubungan dan itu rumit. Proses komunikasi pada dasarnya juga berkaitan dengan struktur yang dihasilkan dan dimungkinkan melalui artikulasi momen yang berkaitan namun berbeda satu sama lainnya –produksi, sirkulasi, distribusi/konsumsi, reproduksi (produksi-distribusi-reproduksi). Landasan Hall atas pendekatan ini adalah kerangka produksi komoditas yang ditawarkan Marx dalam Grundrisse dan Capital, terminologi Peirce tentang tanda (semiotic), serta konsep Barthes tentang denotatif dan konotatif yang bermuara pada ideologi (denotative-connotative-id

Bisnis Laundry di Tengah Mahasiswa

Menjamurnya usaha jasa cuci pakaian kiloan atau laundry di sekitar kampus mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit serta mampu menyerap tenaga kerja di daerah sekitar. Usaha ini pun semakin diminati oleh berbagai kalangan. Kebanyakan para pemilik hanya mengandalkan modal usaha pribadi. Arif Sepri Novan, pemilik Mega Wash Laundry , mengungkapkan mahasiswa merupakan pangsa pasar terbesarnya saat ini. Mahasiswa memiliki banyak kegiatan dan tugas kuliah yang menyita waktu serta tenaga. Untuk itu peluang membuka usaha laundry di sekitar kampus baginya sangat menjanjikan. “Pasarnya cukup luas dan jelas,” ungkap Arif, Selasa (22/3) siang lalu. Arif pun merintis usaha laundry sejak September 2010 lalu di kawasan kampus Universitas Negeri Padang (UNP), di Jalan Gajah VII No.15, Air Tawar, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Ia mempekerjakan dua karyawan untuk mencuci, mengeringkan, menyetrika, serta mengepak pakaian-pakaian tersebut. Setiap hari Mega Wash Laundry menerima hingg